Selasa, 19 April 2016

Usia yang Pas untuk Awal Remaja Belajar Mengemudi - Tips Toyota

Mengemudikan mobil sekarang ini adalah suatu kebutuhan, terutama bagi mereka yang tinggal di beberapa daerah di Indonesia yang masih belum memiliki akses transportasi yang mudah dijangkau.

Pentingnya belajar mengemudi untuk kemudahan dalam melakukan aktivitas membuat sebagian orang tua mulai ajari anak mereka mengemudi. Lantas kapankah waktu yang pas bagi Anak untuk belajar kendalikan kemudi ? Biasanya kita berpikiran bahwa waktu yang pas untuk belajar mengendarai mobil adalah ketika kita sudah mencapai usia 17 tahun. Usia tersebut dianggap pas untuk belajar mobil karena usia 17  seseorang anak dianggap sudah mulai dewasa dan telah memiliki kartu identitas maupun Surat Izin Mengemudi (SIM). Namun berbeda dengan pemikiran umum tersebut, di sebuah sekolah mengemudi Inggris,Young Driver, pengemudi muda sudah diberikan pelatihan mengemudi mulai usia 11 tahun.

Dilansir dari laman otodetik.com, sekolah mengemudi tersebut bahkan berencana untuk mengajarkan mengemudi untuk anak-anak di usia 5 tahun dengan mobil yang dirancang khusus. Saat ditanya alasan mengapa mengemudi harus dimulai pada usia yang lebih dini, Instruktur dari sekolah mengemudi Young Driver, Richard Smith mengatakan,"Ketika Anda belajar piano atau biola, anda tidak mulai pada usia 17 tahun. Anda mulai di usia 5 tahun." Untuk keamanan yang optimal, latihan mengemudi tentu saja tidak dilakukan di sarana jalanan umum. Ada tempat khusus yang dirancang atau car park yang tidak terpakai dan sepi menjadi tempat latihan. Untuk kendaraan yang digunakan latihan pun didesain dengan khusus, yaitu berupa mobil modifikasi yang sesuai dengan ukuran tinggi para calon pengemudi. Kelengkapan pada mobil modifikasi tersebut antara lain indikator, lampu depan, rem cakram, sabuk pengaman, suspensi yang dirancang seperti nyata.


Bertenaga motor listrik , mobil tersebut menggunakan baterai dan mampu bertahan hingga 10 jam dengan jarak 56 kilometer. Serius dengan kebutuhan edukasi mengemudi anak, total sudah 50 unit mobil modifikasi yang telah dibuat Young Driver untuk latihan mengemudi anak-anak. Keterampilan berkendara yang dipelajari antara lain intersection, lalu lintas dua arah, rambu-rambu lalu lintas, parkir paralel, maupun slalom. Pada level lebih tinggi, anak-anak diajarkan untuk mempraktikkan pengereman darurat maupun manuver. Selain memudahkan anak – anak untuk belajar mengemudi dan ketahui aturan jalan sejak dini. Hal ini juga sangat membantu orang tua yang tidak bisa mengajarkan anak mereka cara mengemudi karena kesibukan yang harus dijalani.

0 komentar:

Posting Komentar

Translate Language

Kontak Formulir PERTANYAAN KONSUMEN

Nama

Email *

Pesan *

News Update

Blog Archive

Toyota Support
Toyota Support
Toyota Support